• Kontak
  • About
  • Daftar Isi

ISTILAH ISTILAH DALAM 48 FAMILY

Written By Cindy Gulla and 48 family (Official Blog @support_cigull) on Jumat, 05 Juli 2013 | 06.45

Ketenaran dari idol grup yang diusung dari jepang ini, sudah tidak diragukan lagi.. Berawal dari ketenaran AKB48, muncul beberapa sister group seperti SKE48, SDN48, NMB48, HKT48, JKT48, TPE48, dan SNH48. Banyak sekali istilah-istilah dalam idoling 48 family,, yuk simak rangkuman berikut :))

1. Wota

Wota mempunyai makna yang sama dengan otaku. Mungkin para pengemar anime dan Manga sudah tidak asing dengan kata ini. Yaaapp.. artinya penggemar berat. Tetapi otaku dari 48 family ini tidak mau disamakan otaku pada istilah sebenarnya, jadi mereka menyebut diri mereka adalah Wota. Sering kali wota selalu lebih update tentang idol groupnya member-member. Tetapi dikalangan Wota ini juga ada yang selalu ingin tahu tentang member. Seperti mengejar member saat Live On.. Menjemput dan Mengantarkan member sewaktu ada Event tertentu. Wota seperti itulah yang sering disebut ZOMBIE.. ^^V

2. Wotagei

Wotagei adalah gerakan khas fans idol group saat menonton live ataupun Konser. Sebenarnya Wotagei ini juga ada sejak tahun '90 an dimana, pengemar band-band dijepang sudah sering melakukan hal wotagei ini. Banyak sekali gerakan-gerakan pada dance wotagei ini. Dan hal ini juga bisa divariasi dari wotagei itu sendiri setiap gerakan dari dance nya.. n,n

3. Chant Mix

Chant Mix adalah bentuk sorakan khas yang diteriakkan para wota di bagian-bagian tertentu pada lagu dan sering kali diikut oleh gerakan LightStick . Namun, Chant Mix bukan cuma milik fans 48 Family aja kok, Chant Mix udah ada di kalangan penggemar idol group di pertengahan tahun 90an. 

4. Oshimen

Oshimen terdiri dari dua kata, “oshi” dan “men”. Oshi artinya “push/support” dan men adalah singkatan dari “menba” (member dalam bahasa Inggrisnya). Kalo diartiin, oshimen adalah member yang paling disupport. Seorang pengemar boleh memiliki oshi favorit, tetapi mungkin hanya 1 oshimen yang dipilih,yang paling sering disupport dan yang paling difavoritkan. Dimana hal ini dikatakan sebagai seorang OSHI.

5. Oshihen

Mungkin suatu hal yang terjadi pada oshimen yang didukungnya. Maka Wota sering kali melakukan hal ini.. Yaappp... ini dinamakan Oshihen / Oshisen. Hal ini sering dianggap kurang sopan bagi bekas oshimen sebelumnya. Tapi hal itu adalah Hak Asazi Manusia ^^V

6. Senbatsu 

Dalam bahasa Jepang sendiri センバツ adalah "seleksi". Dimana member yang masuk dalam senbatsu memiliki banyak keuntungnya. Contohnya member itu mempunyai hak untuk tampil di pertunjukkan utama, bisa ikut di media (majalah, TV show, event, dsb) dan pastinya semakin populer. Member-member yang terpilih itulah yang disebut dengan senbatsu. Pemilihan biasanya berdasarkan popularitas di kalangan para penggemar..

7. Senbatsu Sousenkyo 

Sejak tahun 2009 AKB48 rutin menggelar senbatsu sousenkyo (pemilu senbatsu) sekali setahun dengan tujuan memberikan kesempatan bagi para fans untuk menentukan member senbatsu favorit mereka. Saat pembelian single diberikan hak untuk menvoting member pilihannya.Event Senbatsu Sousenkyo inilah yang paling sering ditunggu oleh para Wota untuk melihat bagaimana keberhasilan Oshi mereka untuk mencapai Nomer 1. 

8. Undergirls 

Istilah Undergirls sendiri digunakan untuk para member yang rank popularitasnya dibawah senbatsu. Para member yg termasuk disini adalah mereka yg punya popularity rank nomor 20 kebawah hingga sekitar angka 40. Urutan ini tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlahsenbatsu yg ditentukan untuk sebuah single.

9. Kami7 

Kami berarti dewa. Istilah ini dicetuskan oleh para fans karena ada beberapa member yg memang ranking popularitasnya tak pernah tergoyahkan selama di AKB48. Ketujuh orang itu adalah Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Tomomi Itano, Watanabe Mayu, Kojima Haruna dan Takahashi Minami. Namun dalam sousenkyo terakhir muncul nama baru yg tiba-tiba menggoyang tatanan tradisional 7 besar tersebut, yaitu Kashiwagi Yuki. Sejak saat itu istilah Kami7 mulai banyak dipelesetkan menjadi Kami8. Setelah gradute nya Atsuko Maeda, dan pada hasil senbatsu sousenkyo.. ada nama sashihara rino yang menjadi salah satu Kami 7. 
Tetapi saat ini 7 member yang bakal dijadikan kami7 adalah Sashihara Rino, Yuko Oshima, Watanabe Mayu, Shinoda Mariko, Kashiwagi Yuki, Mastsui Jurina dan Matsui Rena.

10. Jikoshoukai

Jikoshoukai adalah istilah dimana member memperkenalkan diri mereka masing-masing dengan ciri khasnya. Memang ini bukanlah suatu keharusan, tapi jika seorang member mempunyai jikoshoukai memberikan suatu nilai plus bagi Wota

11. Renai Kinshi 

Love is forbidden. yaapp.. seperti arti dalam bahasa inggris nya yaitu Cinta Terlarang. Ini adalah salah satu golden rule dalam dunia group idol 48 family dan termasuk salah satu yang paling keras ditekankan kepada setiap member. Bahkan hanya sebuah foto dengan seorang pria, apapun status pria tersebut, bisa membuat karir seorang idol tamat seketika akibat kecaman para wota garis keras yang ingin idola mereka tetap menjaga image pure dan innocent.
12. SetList

ini adalah dari sekumpulan lagu dari 48 family. Banyak sekali setlist yang terdapat dalam 48 family yang kita tahu adalah "Pajama Drive" setlist pertama yang dibawakan member gen 1 JKT48. Setlist setiap generasi dibedakan. Mengapa demikian.?? Hal ini adalah untuk menghindari kebosanan. Setlist ini dibawakan pada saat mereka melakukan Theater.

13. Stage Song 

Lagu yg terdapat dalam stage masing-masing tim. 

14. Unit Song 

Lagu Stage yang dinyanyikan oleh formasi member tertentu (bukan seluruh tim). Biasanya terdiri dari 1 member popular didampingi oleh 2-4 member lainnya, dan letaknya beruntun 4-5 lagu ditengah setlist Stage. 

15. Unit Shuffle 

Biasanya hanya dilakukan di konser-konser akbar, dimana Unit song yg identik dengan susunan member tertentu diacak dan dipadu formasinya dgn member lain untuk menjadi kejutan bagi para penonton. 

16. Kenkyuusei 

Research student atau biasa dipanggil dengan tim cadangan. Biasanya mereka ikut dalam back dancer saat Teater. Dan menggantikan member yang tidak bisa hadir pada hari pertunjukan teater. Tapi seiring dengan melonjaknya popularitas 48 Family, khususnya AKB48, para kenkyuusei juga tidak bisa dianggap remeh, karena mereka juga mempunyai barisan fans yang tidak sedikit. 
Biasanya ada semacam kecenderungan unik dari para wota senior untuk oshihen (lihat arti istilahnya di atas) kepada mereka, mungkin karena mereka melihat member yg popular sudah tidak perlu lagi didukung, sudah bosan, atau karena melihat para kenkyuusei inilah yg justru paling aktif berada di teater, tempat dimana AKB48 memulai segalanya dari nol, ketimbang senior mereka yg sering berhalangan karena urusan di luar jadwal manggung.
Yahhhh... itu sekilas tentang istilah-istilah di 48 family.. Mohon atas Kritik dan Sarannya terima kasih.. 

0 komentar:

Posting Komentar

Template Blogger

Blogger

Bagaimana Blog Ini ??

Diberdayakan oleh Blogger.

Wordpress